Belajar (lagi) Grafis dan Multimedia

Semester ini, seperti tahun-tahun sebelumnya, saya diberi jam untuk mengampu Grafis Multimedia. Terasa ada beberapa perubahan yang memang dibutuhkan untuk menguasai kompetensi ini.

Dulu… mahasiswa dituntut untuk lebih menguasai tool dibandingkan memahami esensi grafis itu sendiri. Saya pikir hal itu sudah tidak terlalu relevan mengingat tutorial bertebaran di mana-mana dan dapat secara mudah diperoleh. Dan gratis tentunya.

Apakah menguasai tool tidak penting lagi? Bukan seperti itu maksudnya. Mata kuliah ini memang sudah harus diarahkan kepada “art” itu sendiri dibandingkan cenderung kepada “teknik”. Secara pribadi saya ingin para mahasiswa lebih mendalami makna untuk menjawab “why?” daripada sekedar “how?” Mendalami makna grafis jauh lebih penting. Dan kesadaran ini ingin saya tanamkan kepada para mahasiswa saya sebelum, ketika dan sesudah mengikuti perkuliahan. Ideal sekali ya, nampaknya :)). Ya iyalah, idealisme harus tetap ada, perguruan tinggi gituloh!!!

Untuk pokok bahasan, saya mengacu kepada materi perkuliahan Shawn Calvert dari Columbia College Chicago. Karena selain padat juga efektif sekali. Mungkin tidak terlalu berbeda juga dengan materi mata kuliah sejenis di manapun:

  1. Language of Design

  2. Sign and Logo

  3. Type Overview

  4. Intro to Color

  5. Identity and Brand

  6. Poster

  7. White Space

  8. Portfolio 1 – printed

  9. Layout

  10. Package Design

  11. Presentation Design Technique

  12. Digital Design

  13. Animation 2D

  14. Animation 3D

  15. Portfolio 2 – digital

Di kampus politeknik seperti di tempat saya, mata kuliah ini diberikan dalam 2 versi yang saling melengkapi yaitu teori dan praktek dengan komposisi dan porsi yang ideal (30-70 untuk teori-prakteknya) sehingga mudah-mudahan hasilnya sesuai dengan yang sudah saya rencanakan. Tergantung dari kemauan dan kerja keras mahasiswa, dan atas ijin Alloh SWT tentunya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s