Bus Kota Kita

Ada sebuah bus kota. Bagus catnya. Ada TV dan WC-nya. Bersih interiornya. AC-nya juga dingin. Maklum masih baru. Bannya juga masih ori, belum divulkanisir. Yang jelas kondisi mesin dan komponennya juga masih sangat prima. Sayangnya penumpangnya belum penuh terisi.

Menurut beberapa orang usaha bus kota ini rugi. Hanya menghabiskan duit dan jadi beban saja. Soalnya yang punya modal adalah banyak orang. Padahal bus kota kita belum cukup jauh berjalan. Belum lengkap jarak yang harus ditempuhnya. Tapi menurut beberapa orang tadi, yang mengatasnamakan para pemilik modal, dengan tidak sabar mereka bilang, “alihfungsikan saja bus kota jadi odong-odong, biar bisa digunakan anak-anak kota kita!”

Ada pakar -entah pakar apa- yang dengan santainya ikut berkomentar, “sudah tutup saja usahanya, duitnya gunakan usaha yang lain!” Mungkin sang pakar ada benarnya. Tapi dia tidak paham sejarah bus kota kita. Pengetahuannya sangat terbatas. Seperti komentator sepak bola tapi tidak becus cara menendang bola.

Bila masalah utamanya adalah modal yang menjadi beban, ya tarik saja modalnya. Toh masih ada pengusaha serta kru yang kreatif. Mereka masih berkomitmen untuk mencari pemodal lainnya. Dan penumpang bus kota pasti rela membayar. Asalkan layanan tetap prima dan sanggup mengantar sampai tujuan.

Bila bus masih laik jalan dan tidak melanggar peraturan ya teruskan saja perjalanan. Karena jarak masih jauh untuk ditempuh dan penumpang masih banyak menunggu di depan.

Odong-odong dan penutupan usaha hanya muncul dari pikiran orang-orang pendek akal dan putus asa. Bukan dari para pekerja keras dan berkomitmen seperti kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s