sama-sama pernah kalah

gegap gempita PD 2010 di Afrika Selatan sudah berakhir dini hari tadi (waktu setempat). dan selamat kepada Spanyol yang untuk pertama kalinya menjadi kampiun di jagad sepak bola dunia. dari awal turnamen saya sudah menjagokan mereka. walopun sempat ketar-ketir karena di fase awal sudah kalah duluan dari Swiss.

seperti kata pepatah “jagoan kalah duluan, menang belakangan” La Furia Roja sudah membuktikan itu. sekali kalah di awal turnamen membuat mereka semakin percaya diri. lihat saja gawang Casillas yang hanya kebobolan 1 kali saja setelah kalah dari Swiss. dan itupun karena hasil pembelokan arah ketika berhasil mengalahkan Chili di partai akhir penyisihan grup. setelah itu cleansheet, walopun marjin menang mereka juga agak seret, hanya selisih 1 gol saja.

Belanda edisi PD kali ini lebih hebat. selama turnamen tidak ada yang bisa menandingi mereka, kaliber Brazil sekalipun. tidak pernah seri apalagi kalah. suatu rekor yang sempurna andaikata mereka juga bisa merubuhkan sang matador. ternyata mereka, orang-orang hebat itu sama-sama pernah kalah. yang satu kalah di awal dan akhirnya berhasil menjadi juara sejati. sedangkan lainnya harus kalah di partai pemuncak.

lepas dari prediksi gurita peramal, Paul, turnamen besar di pertengahan tahun ini memang sebuah pencapaian pertunjukan hebat oleh sebuah negara yang jauh sebelumnya hanya dikenal karena praktek diskrimasi terhadap bangsanya sendiri. salut buat panitia penyelenggara. anda semua berhasil menampilkan mega entertaninment yang sangat menghibur selama 1 bulan penuh lengkap dengan segala bentuk emosinya.

rcti dan globaltv, terima kasih atas siarannya yang full free of charge. mudah-mudahan 4 tahun lagi bisa diulang kembali. dan mudah-mudahan juga timnas indonesia bisa bisa gabung menjadi bagian di sana. aaamiin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s