gelap dan terang

gelap menurut terjemahan Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah:

ge·lap a 1 tidak ada cahaya; kelam; tidak terang: gelap benar kamarmu itu; 2 malam: hari sudah gelap , ayo cepat tidur; 3 tidak atau belum jelas (tt perihal, perkara, dsb); samar: tt benar atau tidaknya soal yg dihebohkan itu, bagi saya masih gelap; 4 rahasia (tidak secara terang-terangan); tidak halal atau tidak sah; tidak menurut aturan (undang-undang, hukum) yg berlaku: perdagangan gelap;

setelah mendapat imbuhan ke dan an biasanya akan menjadi ke-gelap-an.

lawan kata gelap adalah terang. kalau dibuat gampang-gampangan maka lawan kata dari ke-gelap-an mestinya adalah ke-terang-an. bener gak?

kenapa tiba-tiba nulis beginian. 2 hari yang lalu di kampungku sempat terjadi pemadaman listrik akibat rusaknya gardu listrik besar. sempat stres karena punya anak kecil. sumber air dari sumur yang menggunakan pompa air bertenaga listrik. untungnya waktu listrik padam deposit air di tandon masih cukup. tapi ya harus sangat dihemat.

biasanya pemadaman listrik tidak lama tapi kemarin kurang lebih berdurasi 24jam. panik jelas. air minim, gelap, si kecil rewel, dll. kesimpulannya gelap dan kegelapan memang tidak enak bagi kita yang sudah terbiasa dengan suasana terang benderang. selain itu sebagai makhluk modern kami, saya dan keluarga sudah sangat tergantung dengan teknologi yang bernama listrik. that’s all.


One thought on “gelap dan terang

  1. masih ingat tidak dulu kita sering berandai-andai bagaiman klo semua sumber listrik telah habis dan manusia akan kalang-kabut mencari sumber energi lainya karena manusia sangat bergantung dengan energi listrik. seringnya jika ada pemadaman lampu di kampusku aku sering ingat saat kita membahas bagaimana klo kita udah tidak punya listrik lagi, dan bagaimana jika minyak bumi juga sudah habis, aku disini tidak punya teman yang suka berandai-andai kayak mas. jadi kurang seru, hehehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s