blade di taman dayu

pagi tadi saya berkesempatan menghadiri acaranya Citrix Business Meeting Event Delivery in a Dynamic World 2008. sebenarnya saya bukan undangan secara langsung, namun lebih tepat bila dikatakan diajak. diajak oleh seorang kenalan dari PT. Telkom melalui seorang teman kantor. saya sangat antusias karena teman mengatakan bahwa acaranya ada kaitan dengan Mikrotik, sebuah brand di bidang networking.

acaranya diadakan di sebuah tempat yang menawan dan terus terang baru pertama kali saya ke sana. sempat terpikir untuk membawa peralatan tempur. tapi bila melihat tempatnya kok sepertinya saya hanya akan disuguhi paparan dan hidangan saja. jadi daripada berat ya tangan kosong berangkatnya.

dari kantor saya berdua. kemudian mampir ke kantor Telkom terus berangkat menuju lokasi. sesampai di sana ternyata betul perkiraan saya semula. kami, serombongan undangan ditempatkan di sebuah janapda yang sejuk nyaman dan sudah siap para pemapar dari HP, dan Citrix.

keduanya memang tidak asing bagi saya, namun perkembangan teknologi selalu menakjubkan saya. dalam kesempatan pertama HP memaparkan produk EVAnya. sebuah media penyimpanan data mutakhir dengan kapasitas yang membuat mulut menganga. belum seslesai dengan EVA, pada sesi kedua dilanjutkan lagi dengan Blade. ini bukan blade jagoan vampir kulit hitam itu. tetapi seri terbaru dari server-server masa kini. saya memang pengagum hardware jenis ini dan terus terang yang satu ini memang sangat dahsyat.

di kantor saya cuma terbiasa menggunakan server hasil rakitan sendiri dan hanya 1 mesin yang benar-benar server yaitu IBM system x3400. juga storage media yang digunakan sudah lebih dari cukup untuk membuat data center sekelas kantor, yang isinya kurang lebih hanyalah dokumen-dokumen berukuran kecil.

pemapar ketiga dari Citrix Malaysia. memperkenalkan ulang (karena 5 tahun lalu saya sudah pernah membangun laboratorium komputer dengan Citrix dan WinServ bajakan) teknologi thin client. yang baru dari aplikasi bernama XenApp ini adalah adanya fasilitas streaming client sehingga tidak terlalu membebani kinerja server. bagaimana cara kerjanya mungkin akan saya buat tulisan khusus tentang ini.

hari ini dapat ilmu dan pengetahuan baru. sekaligus pengalaman baru, yaitu makan siang di pinggir lapangan golf yang bisa melenakan pikiran. dan yang jelas teknologi baru ini tidak akan bisa saya implementasikan di kantor dalam waktu dekat mengingat kebutuhan dan harganya yang masih di luar jangkauan.

Leave a Reply

