empat besar

ini bukan resensi bukunya agatha christie dengan judul yang sama. tapi tentang 4 finalis euro 2008 yang tinggal menyisakan 3 pertandingan dari seluruh 31 pertandingan. dari 16 negara sekarang tersisa 4 saja untuk membuktikan siapa yang terbaik di eropa edisi ini. saya percaya keempat negara tersebut sangat layak disebut sebagai yang terbaik. tinggal menunggu siapa terbaik dari yang terbaik.

hanya spanyol, negara berstatus juara grup yang belum terkalahkan hingga saat ini (sebelum partai semifinal), dan diunggulkan menjadi kandidat terkuat menjadi juara selain jerman. dua kandidat lain, nuwun sewu masih dianggap “di bawah anjing” alias underdog. gak tahu darimana istilah ini berasal. tetapi menurut saya pribadi, siapa pun yang sudah berhasil melewati beberapa pertandingan dan sampai di partai semifinal merupakan tim yang hebat.

turki berhasil membalikkan keadaan setelah tertinggal dari lawan-lawannya, dan itu tidak cuma sekali. tetapi tiga kali. ini membuktikan bahwa mereka memiliki tekad yang sangat kuat untuk memenangkan pertandingan. walaupun untuk menjadi juara masih sedikit sulit mengingat banyak pemainnya yang absen karena cedera dan dihukum tidak boleh bermain. rusia, mereka harus diperhitungkan kali ini. klub mereka, zenith st. petersburg sudah berhasil membuktikan diri menjadi juara piala uefa tahun ini dengan mengalahkan para klub yang secara tradisi lebih kuat dan diunggulkan oleh para pecinta sepak bola. dan timnas rusia minggu dini hari kemarin juga berhasil menjungkirbalikkan semua prediksi karena berhasil mengajari tim belanda yang dalam 3 pertandingan awal selalu menang mudah atas lawan-lawannya, termasuk negara-negara kandidat juara seperti prancis dan italia.

ya, memang inilah sepak bola. tidak ada kepastian terhadap kemenangan sebuah tim atas tim lainnya. tetapi inilah, empat besar euro 2008 kita. suka atau tidak suka, nikmati saja.

One thought on “empat besar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s