harus ada yang berbuat seperti itu

dalam berbagai obrolan santai dengan teman maupun kenalan, saya akhirnya dapat mengambil benang merah (begitu istilahnya) dan kesimpulan-kesimpulan berdasarkan hasil pemikiran subyektif saya sendiri juga berdasarkan pengalaman saya yang masih sedikit ini. dari berbagai pecahan gambar yang berserakan dan menyebar kemana-mana saya mencoba menyusunnya kembali menjadi sebuah gambar besar yang lebih jelas.

salah satu poin penting yang masih saya ingat adalah ketika seorang teman mengatakan bahwa memang harus ada pihak yang berbuat hal-hal ekstrim. termasuk di antaranya tindakan anarkisme dan vandalisme yang seharusnya sudah tidak dilakukan oleh orang-orang beradab dan berpendidikan tinggi. coba lihat berapa banyak kerusuhan dalam berbagai pertandingan olah raga, utamanya sepak bola, baik di dalam maupun di luar negeri. atau dalam berbagai demonstrasi yang melibatkan massa dalam jumlah masif dan kolosal. pasti tidak akan jauh dari gesekan <i>chaos</i> seperti itu.

kekerasan apapun bentuknya saya tidak pernah sependapat. selama jalan yang lebih damai bisa dilakukan terlebih dahulu. yang terjadi akhir-akhir ini sepertinya sudah dalam titik didih yang amat sangat. karena dalam liputan media, baik cetak ataupun elektronik sebagian besar masyarakat kita lebih senang hancur-hancuran. begitu mudahnya kayu, batu, bahkan logam dihantamkan kepada orang lain yang notabene masih saudara sebangsa dan setanah air.

mereka yang berbuat kekerasan itu memang tidak menggunakan otaknya. mereka mau merendahkan dirinya sendiri sampai di bawah batas kemanusiaan yang unggul. tetapi sekali lagi… harus tetap ada yang berbuat seperti itu untuk mencontohkan kepada generasi yang akan datang bahwa akibat dari semua bentuk kekerasan adalah kehancuran. harus ada yang berbuat seperti itu semahal apapun harganya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s