melepuh

saya tidak pernah punya niat untuk bermain-main dengan api ataupun sesuatu yang berhubungan langsung dengan itu, misalnya air mendidih. dari imajinasi pun sudah terbayangkan betapa dahsyatnya bila terkena kulit. dan seminggu kemarin saya betul-betul mengalami hal tersebut. maunya menuangkan air panas untuk mandinya ian, eh malah tersiram ke tangan sendiri. tidak semua bagian tangan kanan saya yang terkena, tetapi si kelingking ternyata cukup lumayan. beberapa saat belum kelihatan ada perubahan bentuk pada bentuk tangan dan terutama si kelingking. namun rasa panas seolah-olah masuk sampai ke dalam tulang. yang paling membantu memang dengan mencelupkan ke air yang dingin.

ternyata siangnya mulailah transformasi pada kelingking. muncul benjolan berisi air yang semakin lama semakin menggelembung besar. dan selisih satu hari saja sudah semakin besar seperti cincin bermata akiknya pelawak tesy kabul. beberapa teman yang melihat juga sempat kaget karena setahu mereka saya tidak pernah menggunakan asesoris apa pun di tangan saya. kok sekarang tiba-tiba pake akik segala. nih kalo penasaran bagaimana bentuknya.

kelingking1.jpg

kelingking2.jpgkelingking3.jpg

sebenarnya saya ingin melakukan pengamatan sampai seberapa besar si akik bisa berkembang. apakah pada tingkat tertentu dia akan meletus atau bahkan mengempis dengan sendirinya. saya juga tidak bermaksud menusuknya dengan benda tajam atau sengaja menabrakkannya dengan sesuatu supaya cepat pecah. karena sebenarnya asik juga memperhatikannya walaupun agak kaku di tangan.

bagaimana sampai pecah?

saat itu saya mengisi materi sebuah acara diklat. dan seperti kebiasaan pada umumnya setiap selesai acara ada momen untuk brejabat tangan sebagai tanda keakraban. setiap berjabat tangan saya selalu hati-hati, namun akhirnya saat yang tidak diharapkan itu tiba. seorang peserta karena sangat akrabnya meremas tangan saya. saya perhatikan dia seperti merasakan tangannya seperti ada sesuatu yang basah. barulah saya lihat si kelingking ternyata sudah tidak segemuk sebelumnya. cairan di dalamnya terciprat ke mana-mana termasuk ke layar dan keyboard laptop. ternyata sekarang ada luka melintang yang cukup besar di kelingking. ya.. akhirnya.

kelingking4.jpg

mungkin butuh waktu lumayan lama untuk mengembalikan bentuk kelingking seperti semula. namun biarlah dia menjadi sebuah reminder bahwa kecerobohan dalam bentuk sekecil apa pun bisa berakibat berbahaya bahkan fatal. dan bahwa api memang panas tidak perlu lagi disangsikan. [written in recovery mode = ON]

One thought on “melepuh

  1. lucu juga tangan bapak kita yang lg melepuh. Kebetulan saya pernah belajar dan mengalami bagaimana mengatasi luka bakar. Jika terkena barang/benda panas hal pertama yang harus dilakukan adalah merendamnya dalam air dingin sampai tidak terasa panas, ini membutuhkan waktu lama, tujuannya adalah menghentikan proses pembakaran di jaringan kulit. Setelah itu oleskan salep bioplacenton (bukan iklan loh), jika efek dingin telah hilang bersihkan dan oleskan lagi. Pasti deh ga ada bekas luka bakar.

Leave a Reply

