jumatan hari ini

waktu jumatan hari ini tadi, saya sempat teringat peristiwa nostalgi jaman lepas kuliah dulu. kalo tidak salah waktu itu kami (saya & teman-teman sma) sedang mengunjungi teman yang ada di sby, tepatnya di belakang masjid al akbar sby. kami bermobil muter-muter kota untuk sekedar refreshing. dan kemudian muncul sebuah diskusi ringan tentang pujian untuk Tuhan.


saya bilang begini, “Alhamdulillah itu pujian yang paling mulia karena artinya “Segala puji bagi Allah”. kemudian seorang teman secara spontan menjawab, “Ya jangan begitu dong, masak dengan Tuhan kita perhitungan”. sebenarnya saya hanya asal ngomong, tidak ada maksud yang lebih serius daripada itu. keterlaluan sekali kalo untuk berdzikir kita harus pake itung-itungan terlebih dulu.

apakah ketika sudah mengucapkan Segala Puji Bagi Allah, maka Maha Suci Allah, Allah Maha Besar, dan pujian yang lain jadi terakumulasi di dalamnya? tentu tidak. Allah tidak pernah menghitung setiap nikmat, dan kasih sayangnya kepada semua makhluknya. bahkan Rahmat-Nya melangit luas ketika dosa kita setinggi gunung. Dia berlari ketika kita hanya berjalan menuju-Nya.

mungkin khutbah tadi hanya separuh yang bisa kucerna sampai ke dalam hati dan pikiranku. tetapi paling tidak kesadaran untuk tetap mengingat-Nya dalam kondisi yang lain kuanggap sebagai bless in disguise. dan tidak mencoba sok religius karena saya memang bukan tipe orang seperti itu. agama tetaplah penting sebagai pemandu jalan dan sebisa mungkin akan kujadikan jalan hidup itu sendiri.

begitulah jumatan hari ini. terima kasih sudah mau singgah dan membaca. mudah-mudahan hidup anda diridhoi.  

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s