Liga Kita

final copa (piala) indonesia 2007 yang lalu menyisakan harapan untuk menyaksikan lagi final ideal. persipura dari timur dan sriwijaya f.c. dari barat. kenapa ideal? karena memang dari skuad maupun pelatihnya semuanya sangat bisa dijadikan jaminan enaknya sebuah tontonan. manajemen kedua tim saya tidak begitu tahu, itu urusan dapur masing-masing. yang penting ketika berlaga di lapangan mereka menyajikan hiburan yang menarik.

sebagai seorang aremania saya harus obyektif mengatakan bahwa kedua tim tersebut memang pantas untuk menjadi pemuncak di masing-masing grup. bahkan khusus untuk persipura, arema sendiri sudah merasakan kolektivitas dan kehebatan mereka waktu bertandang ke kandang sang singa di kanjuruhan. arema menyerah waktu itu dengan angka 1-2. saat itu sudah sangat jelas bahwa tim dari ujung timur indonesia ini memang kandidat dan penantang yang cukup berat bagi arema.

lepas dari kepengurusan pssi yang sangat hancur (silakan dibantah karena faktanya memang seperti itu), tetapi delapan besar putaran final tahun ini cukup menjanjikan sesuatu yang menarik. kontestan yang bertanding cukup mewakili kekuatan dua kelompok. bahkan di grupnya arema keempat tim masih berbagi angka sama yaitu 1, hasil dari sekali main dengan skor sama 2-2. adanya anarkisme dan vandalisme yang melibatkan sebagian besar aremania di kediri sudah dikomentari berbagai macam kalangan dan pengamat. jadi saya tidak akan menambahkan apa-apa lagi.

grup 2 dimana persipura bertengger sebagai pimpinan klasemen sementara sudah cukup meyakinkan bahwa mereka memang pantas dikandidatkan sebagai juara tahun ini, atau minimal sebagai finalis lagi. saya pribadi cenderung menjagokan mereka karena sangat mengesankan. kompak, cepat, agresif, dan tidak mengenal lelah. 

sekali lagi, lepas dari para pengurus pssi dan bli yang sangat tidak kompeten, mudah-mudahan grand final liga indonesia tahun ini bisa menampilkan tim yang benar-benar layak sehingga minimal ada “sesuatu yang bisa ditunggu” sebagai sebuah tontonan sekaligus hiburan yang menarik. dan mudah-mudahan finalis yang satunya lagi adalah arema.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s