Bahkan…

berita tentang pak harto, mantan presiden negara ini kalau diperhatikan kadang sangat menyedihkan. begitu repotnya semua orang, terutama keluarga cendana yang harus bolak-balik ke rumah sakit. dan harus melewati barisan pers yang sudah menunggu-nunggu saat bersejarah. kadang sempat terlintas apakah memang semuanya sengaja disetting seperti itu dan kemudian dikomoditikan kepada seluruh rakyat indonesia dan sekitarnya.

sebagai manusia dan sesama muslim saya hanya bisa prihatin dan ikut berempati, bahkan cenderung kasihan kepada jenderal bintang lima tersebut. betapa sulitnya ketika ingin kembali untuk menghadap kepada YANG MAHA KUASA. atau bahasa kasarnya “kate mati ae kok angel temen“. tidak bisa dipungkiri bahwa beliau sudah sangat berjasa bagi negara ini, tetapi apakah setimpal dengan kesalahan atau “dosa” yang sudah diperbuat. keluarga presiden kaya itu wajar, tetapi dengan tingkat kekayaan yang gak masuk akal mestinya mereka semua bertobat. minta maaf kepada seluruh masyarakat dan rakyat indonesia. kemudian mohon ampun kepada YANG MAHA KAYA.

hidup ditopang dengan alat bantu sama saja dengan tidak hidup alias mati. lebih baik mengajak beliau istighfar sebagai seorang muslim, membimbing beliau untuk terus ingat kepada SANG PENCIPTA. memberikan wasiat kepada ahlinya untuk kembali ke jalan TUHAN, mau mendoakan beliau ketika sudah benar-benar mangkat nanti.

ingat film “sunshine” ada suatu adegan yang tidak bisa dilupakan. “kita hanyalah debu bintang, apakah kita mau menantang TUHAN?” ya, sudahlah. ingatlah orang-orang yang sudah tiada dengan kebaikannya semata. ini hanyalah satu adegan dari episode seorang manusia yang pernah menjadi penguasa. yang harus berakhir dengan bad sad ending? mudah-mudahan tidak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s