Olahraga Elektronik

Informasi tentang gamer profesional memang sedikit sekali. Dulu waktu masih ada kesempatan ngumpul dengan anak-anak gamer tapi yang masih semi pro saya hanya tahu bahwa mereka sering bertanding secara rutin. Dan yang jelas harus ada taruhannya. Tetapi waktu itu sepertinya belum ada manajemen yang secara rapi menangani mereka. Kadang ada sponsor atau promotor khusus, yang lebih sering sih malah patungan. Tiap anggota kelompok harus urunan untuk ikut sebuat turnamen atau kompetisi tertentu.

Lima tahun terakhir sepertinya komunitas ini sudah semakin serius. Bahkan secara internasional sudah ada evennya. Di sepak bola nyata ada yang namanya World Cup atau Piala Dunia. Sepak bola virtual juga tidak kalah, kompetisi Winning Eleven sudah diadu secara pro dalam skala internasional dalam ESWC. Istilahnya malah electronic sport, nanti pembinaannya di bawah siapa ya? Menpora, Menkominfo, Menristek, Menhubudpar, atau malah Mendiknas?

eswc.jpg

Game atau permainan tradisional maupun yang modern selalu membawa ketertarikan yang romantik. Tidak ada batasan usia dalam hal ini. Siapa saja boleh nge-game. Untuk sekedar refreshing atau untuk level serius dan profesional. Jadi saya pikir kalau memang senang dan ingin total sekalian saja menceburkan diri di bidang ini. Menarik, menantang dan mengasyikkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s