Buku Baru

Apa yang kulakukan 2 hari lalu, ketika pergantian tahun -menurut penanggalan Masehi- adalah membaca buku. Sudah lama sekali rasanya tidak mampir ke toko buku dan membeli buku baru.

Setiap masuk ke toko buku atau perpustakaan saya seperti diajak masuk ke dalam lorong waktu yang manakjubkan. Banyak sekali yang ingin kubaca dan hampir semuanya menarik.

Banyak buku baru, penulis-penulis baru atau mungkin yang karyanya baru pertama kali diterjemahkan. Karena terus terang kalau beli buku edisi bahasa asli masih terlalu mahal.
Ada banyak pilihan kemarin. Bawa duit sejuta di kantong. Berangkat sama istri dan anak. Kalau mau menuruti “nafsu” mungkin duit sejuta jadi buku semua.

Setelah pilih-pilih akhirnya beli bukunya Amin Malouf, Balthasar’s Odyssey-Nama Tuhan yang Keseratus. Sampai sekarang bacanya masih dapat separuh. Kurang lebih bercerita seperti LOTR yang digabung dengan Misteri Soliter yang settingnya diambil pada abad ke-17.

Saya tertarik dengan idenya. Selama ini sebagai muslim saya hanya tahu bahwa nama Allah yang bagus dan indah hanya ada 99. Di buku itu, Balthasar sang tokoh utama “dipaksa” untuk mencari sebuah buku sampai hampir keliling dunia. uku yang diyakini mencantumkan nama Tuhan yang Keseratus, nama yang dianggap bisa menolak segala marabahaya dan mendatangkan kedamaian.

Sampai kemarin malam saya baca Balthasar dan rombongannya masih sampai di Chios dan menimbang-nimbang untuk mengejar buku tersebut ke London. Masih menarik dan penasaran. Tetapi yang jelas minat membacaku yang hampir terlupakan sekarang sudah kembali lagi.

Bahkan hampir 2 tahun yang lalu Sukses Bisnis Google karya David A. Vise belum sepenuhnya terbaca. Tahun baru, semangat membaca baru. Semoga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s