Program Nasional… the sustainability

Ada PNPM (Program Nasional Pemberdayaan Nasional), ada juga Jardiknas (Jejaring Pendidikan Nasional). Dua-duanya program nasional. Melibatkan uang yang buanyuak sekali, ratusan bahkan ribuan milyar atau triliunan rupiah. Sekarang akan coba disinergikan. Infrastruktur ada di jardiknas, sedangkan PNPM berupaya fokus di muatan program.

Dulu ketika melintasi gedung kantor LPM saya selalu berpikir bagaimana supaya masyarakat kita, yang katanya tidak berdaya ini- bisa memanfaatkan fasilitas ICT Center sekarang terjawab sudah. Sudah ada memang apa yang disebut sebagai Telecenter. Tempat khusus untuk belajar TIK yang diperuntukkan bagi masyarakat luas dengan harga yang khusus pula. Sekarang dicoba untuk berkolaborasi dengan sekolah-sekolah yang notabene sedang berbenah di bidang ini. Banyak sekolah yang sudah berlab komputer memadai. Dan ketika KBM usai daripada tidak termanfaatkan bisa digunakan untuk melayani masyarakat. Sebuah gagasan yang sangat bagus.

Di negara-negara lain sudah banyak yang berhasil, bagaimana dengan di Indonesia? Sabtu kemarin saya mewakili kepala dinas untuk ikut merumuskan model Telecenter Berbasis Sekolah yang digagas oleh Bappenas dan UNDP. Merancang manajerial, program implementatif dan pemberdayaan. Tidak lupa untuk memikirkan masalah kesinambungan yang selalu menjadi kelemahan karakter bangsa ini. Yah… dapat PR lagi, tetapi sekaligus some kind of challenge i guess. Mudah-mudahan bukan sekedar proyek. Aamiin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s