Kamis, Lomba Membuat Blog

Lomba membuat weblog, setelah seminar sehari sebelumnya. Para peserta baik seminar maupun lomba membuat blog murni dari usulanku, setelah disetujui bos dan PT. Intel Indonesia selaku sponsor tentunya. Untuk seminar saya mengusulkan 100 sekolah dengan masing-masing mengirimkan 2 orang, kepala sekolah dan pengajar yang terbiasa memanfaatkan tool atau peralatan TIK. Alhamdulillah yang hadir antusias, tidak tahu apakah karena lokasinya di Hotel Santika, penyelenggaranya Intel, ada sertifikatnya atau alasan yang lain. Terserah, yang jelas saya mengusulkan siapa saja yang diundang dengan harapan semuanya nanti menjadi seperti riak air yang bervibrasi. Menghasilkan gelombang lebih besar demi kemajuan dunia pendidikan dan ICT di kota ini.

Hari kamisnya, giliran para siswa dan pembimbing yang kami undang masih dalam rangkaian acara yang berkaitan. Sebenarnya saya sudah melakukan konfirmasi kepada 10 sekolah mengenai kesiapan masing-masing timnya. Tetapi apa mau dikata, dari 10 yang hadir hanya 7 partisipan. Alasannya klasik, belum menerima undangan resmi. Sudahlah, birokrasi memang harus seperti itu. Sangat disayangkan memang. Walaupun akhirnya ada tambahan 1 peserta dadakan, secara keseluruhan acaranya sangat menarik. Mungkin karena ini merupakan lomba yang pertama kalinya diadakan di sini, dengan sponsor perusahaan kelas dunia dan didukung penuh oleh Pemkot beserta jajarannya (Dinas Pendidikan, KPDE).

Sponsor menginginkan semua jenjang pendidikan terwakili, jadi harus ada unsur SD atau yang sederajat, SMP yang sederajat dan SMA yang sederajat. Teknis lomba sangat tergantung kepada KPDE yang sudah berbaik hati meminjamkan ruang servernya untuk dijadikan eksperimen. Skrip blog sedikit “dipaksakan” menggunakan WordPress. Supaya sama dan memudahkan penjurian, selain itu manajemennya kontennya juga sangat bersahabat.

Daftar peserta adalah sebagai berikut:

  1. MI Jendral Sudirman
  2. MI Negeri 1 Malang dinyatakan WO
  3. SMP Negeri 5 Malang
  4. SMP Negeri 11 Malang
  5. SMP Negeri 13 Malang
  6. SMP Negeri 17 Malang
  7. SMA Negeri 1 Malang dinyatakan WO
  8. MA Negeri 3 Malang dinyatakan WO
  9. SMK Negeri 4 Malang sebagai juara umum
  10. SMK Telkom Sandhy Putra Malang sebagai juara umum kedua
  11. SMK Negeri 11 peserta dadakan.

Kenapa hanya 10 sekolah yang diundang itu urusan Intel. Tugas saya hanya menentukan siapa saja sekaligus sebagai anggota penilai atau juri. Juri yang lain adalah dari pihak Intel Indonesia, Zyrex (partner Intel), Bamboomedia (partner Intel). Semoga saja akan terus ada lagi kegiatan serupa dengan skala yang lebih besar sehingga ICT bukan hanya sekedar angin lalu tetapi sudah menjadi bagian kehidupan kita. Masa depan sedang terjadi sekarang.

2 thoughts on “Kamis, Lomba Membuat Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s