PNS Apakah Sebuah Solusi?

Tadi waktu mencuci popok si adek, sempat terlintas semacam diskusi singkat dengan idealismeku. Kalau pernah nonton TLOTR mungkin bisa divisualisasikan mirip Gollum yang mau mencuri cincin dari Frodo. Sekarang banyak orang yang menganggap bahwa PNS harus ditempuh dengan segala cara, kalau perlu harus membayar ya bayar saja. Tidak peduli seberapa besar, yang penting bisa segera diakui sebagai PNS.

Kata idealismeku, “Andaikan kamu kelak memang harus jadi PNS, maka paling tidak contohlah bapakmu”. Ya, bapakku memang pensiunan PNS, staf kelurahan biasa yang cukup puas diajak makan bersama lurahnya. Tidak bingung mencari ceperan kemana-mana. Sangat loyal dan punya integritas. Kemudian idealismeku berkata lagi, “Jadilah PNS bukan sebagai Pegawai Negeri Sipil, tetapi PNS sebagai Pengabdi Negara Sejati”.

Idealismeku mungkin tidak tahu harga sembako, kebutuhan bayi, dan biaya hidup lainnya. Dia mungkin juga terlalu naif memandang realita. Dan sekarang kepalaku jadi pusing. Karena tadi pagi tidak sempat sarapan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s