Invisible

Invisible hand itu sebenarnya tangannya siapa? Yang jelas ya hand of Invisible Man. Ada korelasi dan koneksi yang sangat logis. Akhirnya akan muncul pertanyaan susulan, “who is this man?” Banyak jawaban bermunculan, semua tidak jelas dan semakin bias. Sebagian besar akan mengarah pada seseorang atau sekumpulan orang yang mengendalikan berbagai macam kegiatan internasional dari balik layar, sang penulis skenario utama dan sekaligus menjadi dalang.

Banyak sekali teori dikemukakan, sebagian besar berdasarkan fakta hasil riset yang dilakukan bertahun-tahun dengan sangat cermat. Banyak juga yang berdasarkan klenik, hasil karang-mengarang, bahkan mungkin dari wangsit mimpi setelah menyepi di tempat wingit.

Tangan-tangan tidak nampak dari orang-orang yang juga gaib. Yang telah menempatkan negara ini sebagai negara besar tapi miskin, raja utang, tapi masih saja sok. 

Sekedar mengutip tulisan CN: Indonesia tidak perlu diserbu dengan tentara dan bedil bom bayonet. Orang Indonesia gumunan, latah dan gampang dibikin mabuk: jadi cukup diserbu dengan iming-iming di segala bidang. Segala yang memabukkan dimasukkan ke Indonesia. Orang Indonesia begitu mudah mabuk demokrasi, sementara Amerika Serikat sendiri tak segitu-segitu amat menyikapi demokrasi…. Sesungguhnya demokrasi dst itu adalah perangkat pengelolaan sejarah yang baik jika manusia memahami dosisnya, batasnya, konteksnya, takarannya, koridor wilayahnya, ruang dan waktunya. Tetapi kita malas berpikir, pokoknya ambil dan telan!” 

Mungkin itu adalah salah satu portofolio sang invisible. Mengisukan demokrasi, HAM, pemanasan global, keamanan nasional, pendidikan untuk negara “ndeso”, sampai pada pemilihan wanita terseksi di alam raya. Membuat tesis. Diaduk dengan antitesis. Sehingga menghasilkan sintesis berupa manual, juklak, prosedur, bahkan hukum. Atau mencoba melihat reaksi yang ditimbulkan dari sebuah aksi dekonstruksi kolosal.

Wah, kalau dipikir-pikir sepertinya saya sudah menemukan formulasi untuk menjadi seorang invisible man.😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s