Last Week

Hari Kamis malam, tanggal 1 Nopember 2007 saya ditelpon Pak Kwarta dan ditawari untuk mengikuti training yang diadakan oleh PT. Intel Indonesia. Cukup kaget juga mendengar tawaran tersebut karena pada hari Senin 5 Nopember 2007 saya harus memulai tugas untuk memberikan materi di Pelatihan Jardiknas bagi tenaga kependidikan di Kota Malang.

Belum lagi pada hari Jumat, 2 Nopember saya harus berangkat ke Surabaya dalam rangka koordinasi masalah Jardiknas dan Dapodik sampai hari Sabtu keesokan harinya. Bertempat di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Timur, para peserta diberi penginapan di Hotel Weta kurang lebih 50 meter dari lokasi pertemuan.

Apa yang dibicarakan seperti yang sudah-sudah. Bahwa Jardiknas mengalami perkembangan dan berubah nama menjadi Versi 2. Kemudian ada vendor yang menyajikan konfigurasi jaringan Jardiknas yang ada saat ini. Titik akses akan semakin banyak, otomatis dana yang dikeluarkan jadi semakin besar. Mudah-mudahan tepat sasaran dan bermanfaat.

Hari Minggu, 4 Nopember 2007 maunya sih refreshing… Tapi sudah ada pemberitahuan untuk berkumpul dengan tim instruktur Pelatihan Jardiknas Kota Malang. Juga dengan Pak Arya Sanjaya dari Intel Indonesia untuk membicarakan keterkaitan antara program pelatihan ini dengan Intel Teach milik mereka. Misi pribadi saya adalah setiap sekolah (terutama Sekolah Dasar di kota ini) bias memiliki computer, walaupun hanya 1 unit. Dari 1 unit computer nanti diharapkan bisa berkembang menjadi lebih banyak dan dilengkapi dengan akses Internet. Sehingga semakin memudahkan sharing informasi di lingkungan pendidikan dimana saat ini saya berada. Jangan sampai sekolah yang lokasinya memang jauh dari sentral akses semakin tertinggal hanya karena alas an yang sepele yaitu jarak.

Hari itu mulai didapatkan gambaran awal bahwa pihak ketiga seperti Intel Indonesia punya maksud untuk mendukung pendidikan di Kota Malang, sebagai bentuk tanggung jawab sosial sebuah perusahaan besar. Juga dukungan dari Depdiknas Pusat, yang saat itu boleh dibilang diwakili oleh Pak Kwarta yang sedang pulkam. Semakin optimis saja kotaku tercinta ini bias semakin maju di tahun-tahun mendatang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s