National Treasure & Edison

Sudah lama sebenarnya saya nonton film National Treasure yang dibintangi Nicholas Cage. Ceritanya biasa saja, tetapi ada sebuah adegan yang dialognya sangat menginspirasi. Kalau tidak salah adegan dimana Ben tokoh yang diperankan Cage sedang berdiskusi dengan “konco maling”nya untuk mencuri naskah Deklarasi Kemerdekaan AS yang disimpan sangat ketat.

Dialognya kurang lebih seperti ini:

Ben : “Apakah kamu tahu berapa kali Edison melakukan percobaan sebelum pada akhirnya dia berhasil menciptakan bola lampu?”

Teman : ” Tidak, aku tidak tahu.”

Ben : “Pada usaha yang ke 2000 akhirnya dia berhasil membuat lampu itu menyala, saat itu orang-orang yang ada beramai-ramai mencemoohnya. Kalau sudah mencoba sebanyak 2000 kali, sebenarnya sih sama juga bohong.”

Teman : “Kasihan juga ya…”

Ben : “Tetapi apa yang dikatakan Edison? Dia menjawab, “Sebenarnya aku sudah menemukan 1999 cara untuk membuat lampu itu tidak menyala, sedangkan cukup satu cara saja untuk membuatnya menyala. Jadi aku tidak gagal.””

Teman : “Sungguh hebat…”

Ya, memang hebat. Orang-orang dengan reputasi kaliber internasional memang dilahirkan melalui proses panjang yang berat. BUKAN INSTAN.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s