Proporsional atau Tidak Proporsional

Setiap makhluk sudah ditentukan menurut kadarnya masing-masing. Itu berlaku bagi semua yang -sudah- diciptakan. Bagaimana bila kurang dari kadarnya? Kita akan menilai hal itu sebagai sebuah ketidaklengkapan (incomplete) atau dengan kata lain cacat. Akibatnya adalah kemampuan untuk melakukan hal-hal yang seharusnya bisa dilakukan menjadi terhambat. Pertanyaan yang muncul, apakah ini adil?

Pada kasus yang lain banyak makhluk -sebagian besar atau sebagian kecil belum ada penelitian tentang itu- menerima kelebihan, bahkan sangat sempurna. Pertanyaannya juga sama, dimanakah letak keadilannya?

Saya seringkali berpikir dan merenungkan hal ini. Dan menurut keterbatasan daya pikir dan penalaranku it just does not make any sense at all.

Mungkin ada persamaan antara adil dan tidak adil dengan proporsional dan tidak proporsional. Dengan segala keterbatasan sudut pandang hal ini bisa bersifat terbalik tergantung yang menggunakannya. Namun yang paling berat adalah menjaga kesadaran terhadap pemahaman ini. Pada situasi yang tidak menyenangkan sering kita menganggap Tuhan sudah berbuat tidak adil kepada kita. Namun bila yang terjadi adalah sebaliknya, kita tidak pernah menganggap hal ini sebagai sebuah kondisi luar biasa yang harus disyukuri.

Saat menulis ini, kesadaranku masih penuh. Bahwa Tuhan tidak pernah tidak adil, tidak pernah tidak proporsional, dan tidak pernah berbuat aniaya. Bahwa Tuhan sangat menyayangi semua yang sudah diciptakan-Nya. Tidak ada yang tidak berguna setelah proses penciptaan itu.

Sebelum kuakhiri tulisan ini, bagi siapa saja yang telah sudi singgah dan meluangkan waktu untuk membaca, mudah-mudahan kesadaran yang terjaga ini juga membuat kesadaranmu terjaga pula.

Terima kasih.

Hotel Selecta, 12 Juli 2007, di sela-sela refreshing setelah workshop.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s