Kesalahan

Ketika melakukan hal yang salah manusia akan cenderung tidak tenang, gundah, tidak tahu harus berbuat apa. Itu yang biasa terjadi bagi mereka yang masih punya tanggung jawab dan nurani (menurut saya).

Bagi anak sekolah (yang baik) ketika tidak mengerjakan PR atau tugas lainnya pasti akan merasa ketakutan. Tapi bagi yang terbiasa tidak mengerjakan… ya biasa-biasa saja. Contoh yang lain pasti banyak. Seperti ketika seorang guru yang tidak membuat persiapan mengajarnya dengan baik. Juga tidak memberikan evaluasi kepada para siswanya (kalau yang ini… contohnya ya saya).

Berharap saja kita masih punya rasa takut, segan ketika apa yang menajadi tugas kita tidak terkerjakan dengan baik. Bukan saja kepada teman, guru, orang tua, atasan tetapi cenderung kepada diri sendiri dan lebih-lebih kepada Sang Maha Pemberi Rasa Takut.

air 

Menjadi orang yang baik wajar bila melalui berbagai macam kesalahan. Kemudian tidak mengulangi kesalahan itu dan berusaha untuk memperbaikinya.

5 thoughts on “Kesalahan

  1. saya setuju dengan pendapat pak Jawes(sebutan dr saya), memang klo kita melakukan hal yg salah kita tidak akan bisa tenang krn saya sering mengalaminya.
    Saya juga setuju dengan paragraf terakhir krn sya juga pernah mendengar nasehat hampir mirip sih! “Semakin tinggi pohon semakin kencang angin yg menerpanya” and “Orang yg bodoh adalah orang yg melakukan kesalahan yg pernah dialaminya”

  2. kesalahan tetap kesalahan
    gelas yang pecah tidak mungkin utuh seperti sediakala walaupun ditempelkan macam mana
    jangan sering2 memecahkan gelas yang sama dan menyusunnya kembali, bisa2 bapak yang terluka oleh gelasnya

  3. betul, kejadian masa lalu memang tidak bisa dibalikkan seperti dalam film. namun kita bisa belajar untuk tidak selalu mengulangi kesalahan yang sudah kita lakukan. dari situlah kita baru bisa belajar memungut gelas yang pecah tanpa takut terluka. dan kemudian membuangnya.🙂

  4. Setiap orang pasti punya kesalahan dan melalui kesalahan itu, kita bisa mengevaluasi apa yang telah kita perbuat, sehingga kita bisa berhati-hati dalam melakukan apapun. (Ga’ nyambung ya? maaf lagi out of memory… :P)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s