Belajar Dari Film Kartun

Aang

The Legend of Aang, Avatar: The Last Airbender. Akhir-akhir ini saya semakin sering megikuti cerita kartun barat ini. Banyak hal yang menarik, walaupun sebenarnya ceritanya datar dan biasa saja.  Yang paling menarik adalah ketika sang avatar harus mempelajari semua teknik pengendalian unsur-unsur utama dalam alam, yaitu udara, air, api dan tanah. Aslinya dia adalah pengendali udara (Airbender). Namun juga ditakdirkan bisa menguasai keempat unsur untuk menghadapi musuhnya, Pangeran Zuko dari Kerajaan Api.

Memang secara alami sang Avatar bisa menguasai keempat unsur itu dengan mudah namun bagaimana cara mengendalikannya dia harus belajar sampai ke kutub utara. Aang adalah seorang berumur 112 tahun yang terkurung dalam badan anak kecil. Coba bayangkan bagaimana seorang anak kecil yang mendapatkan mainan baru tapi dia tidak boleh sembarangan memainkannya. Akan timbul resistansi pada diri anak tersebut seperti yang divisualisasikan dalam film tersebut. Aang harus terus belajar untuk bisa mengendalikan semua unsur alam agar bisa mencapai tujuannya. 

Sebuah filosofi yang sangat indah. Untuk bisa mengendalikan segala sesuatu memang harus dilatih dalam sebuah proses panjang yang tidak mudah. Pengendalian adalah ketika kita sanggup berbuat yang lebih namun tidak kita lakukan (terutama untuk hal yang negatif). Ketika berada di sebuah lapangan yang luas kita tidak lantas berteriak-teriak semau-maunya. Ada masanya ketika kita harus bisa menciptakan tembok-tembok maya untuk menghalangi kemauan yang liar.

Belajar dari sebuah film kartun memang menyenangkan. Membebaskan sifat kekanak-kanakan yang masih terpendam. Hm.. to be a lifebender? way to go

4 thoughts on “Belajar Dari Film Kartun

  1. saya jg sgt suka nonton Avatar
    sederhana si tapi saya bnyk bljr dr film ini
    slh satuny adl utk tdk mdh mnyerah n pngendalian diri

  2. sNgat syang sekali ktika Globl TV sLalu mEnayangkan Avatar dngn brkali-kali pengulangan pemutaran. sehingga membuat pecinta avatar jenuh..
    Thanx

  3. =) Yeah.. Gimana kalau cari episode barunya…?
    Bajakan sih… -_-;;
    Saya sudah nonton sampai book: Fire..
    Setuju juga banyak makna tersembunyi…,
    yang sangat…………

    Sayang, kalau teman2 browsing di cyber, ternyata banyak juga yang redraw chara di Avatar jadi sedikit….. ‘menyimpang’..
    Menyebalkan. Kartun yang sudah dibikin sedemikian rupa dimiringin gitu aja..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s